Gulai atau Gule adalah jenis makanan yang terkandung kaya, pedas dan segar seperti saus kari. Bahan utama mungkin ayam, daging sapi, kambing, berbagai macam offals, ikan dan makanan laut, dan juga sayuran seperti daun singkong dan nangka muda. Saus gulai umumnya memiliki konsistensi kental dengan warna kekuningan karena kunyit penambahan tanah. Gulai bahan rempah-rempah yang kaya terdiri dari seperti kunyit, ketumbar, lada hitam, lengkuas, jahe, cabai, bawang merah, bawang putih, adas, serai, kayu manis dan jintan, semua bumbu digiling menjadi pasta dan dimasak dalam santan dengan bahan utama. Gulai sering digambarkan sebagai tipe indonesian kari.
Gulai adalah salah satu hidangan populer dan banyak mendistribusikan di kepulauan Indonesia, khususnya di Sumatera, Jawa dan juga Semenanjung Malaya. Hidangan itu berasal dari Sumatra, dan tought menjadi adaptasi lokal dari India kari, dikembangkan dan berasal dari pengaruh masakan India pada masakan Indonesia. Saus gulai tebal dan kekuningan adalah salah satu saus dalam masakan yang paling umum untuk memberikan rasa Minangkabau yang kaya dan pedas untuk daging, ikan atau sayuran. Saus gulai ditemukan di Minangkabau, Aceh, dan masakan Melayu biasanya memiliki konsistensi tebal, sedangkan di Jawa gulai disajikan dalam sup tipis seperti piring berisi potongan-potongan daging kambing, daging sapi atau jeroan.
Lelung atau Gule Balung adalah gulai kambing dengan tulang sebagai bahan utama. Pada tulang-tulang kambing ada daging kambing yang masih terpasang, sehingga menyenangkan di makan daging kambing menjadi titik utama dalam menikmati masakan ini.
Dalam Gilangharjo, Anda dapat menemukan masakan ini di restoran “Lelung Jodog”. Seperti namanya, menu utama restoran ini adalah Gule Balung dan restoran ini terletak di Jodog, tepatnya di KM Jl.Srandakan. 1, Jodog Legi, Gilangharjo, Pandak, Bantul. “Lelung Jodog” restoran buka dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam setiap hari.
Selain Lelung, menu lain di restoran ini adalah sate, tongseng, gulai kepala, kikil kari, dan daging domba kari. Masing-masing menu di restoran ini adalah harga Rp 10.000 termasuk beras dan minuman orIDR 15.000 dengan nasi dan minuman.
Anda dapat memesan lelung dalam kendil (tanah liat pot) dengan jumlah lebih dari 20 porsi dan Gudeg Manggar dengan menghubungi Bapak Wardoyo di nomor berikut: 62747812930.
Gudeg adalah makanan tradisional yang terbuat dari nangka muda yang direbus selama beberapa jam dengan gula kelapa, dan santan. Bumbu tambahan termasuk bawang putih, bawang merah, kemiri, biji ketumbar, lengkuas, daun salam, dan daun jati. Dalam Gudeg Manggar, Manggar digunakan sebagai bahan utama untuk menggantikan nangka muda. Manggar adalah kuncup bunga kelapa muda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s