Gilangharjo memiliki makam-makam tempat tokoh-tokoh sejarah dimakamkan yang menjadi daya tarik khusus dari desa ini. Berikut adalah beberapa tempat yang dapat dijadikan wisata makam:

Selo Gilang

Merupakan cikal bakal nama Desa Gilangharjo ini. sebuah batu yang dahulu digunakan untuk bertapa para raja mataram kuno, saat ini masih dilestarikan bahkan masih digunakan untuk mencari pencerahan bagi warga yang percaya.

Makam Tambalan

Merupakan makam adipati dan Bupati pertama Kabupaten Bantul. Dengan menaiki tangga beberapa meter anak tangga, akan dapat ditemui makam orang-orang penting yang turut berjasa membangun Bantul menjadi kawasan yang terpandang.

Makam Sentono

Bertempat di dusun Ngaran, merupakan makam prajurit-prajurit mataram kuno yang  berjuang melawan Ki Ageng Mangir. Makam yang ini hanya bertandakan batu-batu kecil, mempunyai nilai sejarah tersendiri. Makam ini juga sebagai tempat peristirahatan terakhir bagi warga keturunan bangsawan atau yang berdarah biru. Tempatnya yang sangat tinggi memiliki udara pegunungan yang asri dan segar.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s